Perpustakaan Keliling Dinarpus Brebes Hadir di Lokasi TMMD Salem

Perpustakaan Keliling Dinarpus Brebes Hadir di Lokasi TMMD Salem

Brebes - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes menghadirkan perpustakaan keliling ke lokasi TMMD Sengkuyung Kodim 0713 Brebes, Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Brebes, sebagai partisipasi pembangunan SDM masyarakat melalui kampanye gemar membaca. Rabu (30/6/2021).

Kehadiran mobil yang mengangkut buku-buku bacaan yang mangkal di SDN 2 Ciputih dan pertigaan jalan Kampung Kurungciung Ciputih itu, tentu saja menarik minat khususnya anak-anak dan remaja desa setempat untuk membaca.

Budi Prayitno, S.Si selaku penyuluh lapangan Dinarpus Brebes mengemukakan, anak-anak Ciputih sangat antusias membaca buku-buku yang tersedia.

“Dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak Desa Ciputih mencintai buku, karena mereka tentu saja lebih asik bermain HP saat belajar di rumah terkait pendemi covid-19, ” ujarnya.

Menurutnya, upaya itu untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya budaya baca anak sejak dini sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan mereka meningkat karena sumbernya jelas, sedangkan melalui medsos masih banyak berita yang bersifat hoax.

Pihaknya juga mendorong pihak Pemdes Ciputih untuk pengadaan perpustakaan di Balai Desa. Pasalnya, minat baca anak desa juga dapat dihidupkan melalui Perpusdes.

“Dengan adanya kemudahan akses membaca di desa maka akan mendongkrak menurunnya minat baca karena pengaruh android, ” tandasnya.

Untuk pengadaan buku, desa tinggal mengajukan buku kepada Dinarpus Brebes jika sudah memiliki Perpusdes nyata.

Sementara disampaikan Pasiter Kodim Brebes, Kapten Infanteri Surikan, digandengnya Dinarpus Brebes untuk memberikan sosialiasi gemar membaca dan menghadirkan mobil Perpusling itu memang untuk memberikan warna di kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung.

“Kita ucapkan terima kasih juga kepada Dinarpus Brebes atas partisipasi mereka di TMMD, sehingga masyarakat khususnya anak-anak dan remaja yang tinggal di pegunungan wilayah Salem ini mendapatkan pelayanan mereka, ” ungkapnya mengapresiasi.

Ditambahkannya, terkait pandemi covid-19, sosialisasi yang juga dihadiri remaja itu juga membahas tentang protokol kesehatan 5M sebagai langkah pencegahan virus. (Aan/Red)

Perpustakaan keliling di TMMD Dinarpus Brebes Sosialisasi gemar membaca kampanye gemar membaca
Aan Setyawan

Aan Setyawan

Previous Article

Serbuan Vaksinasi Massal Polres Brebes Bagi...

Next Article

Surprise HUT Bhayangkara Polri Ke-75 Dari...

Related Posts